Manfaat Kacang Tanah Untuk Kesehatan Tubuh

Assalamu’alaikum Warahmatullahi 
Wabarakatuh

kacang tanah menjadi salah satu kacang-kacangan yang populer di Indonesia. Olahan kacang tanah banyak kita temui dalam bentuk yang direbus atau digoreng. Dalam kuliner Indonesia, olahan kacang tanah pada gado-gado sangat digemari turis mancanegara. Kacang tanah dijadikan seperti saus pada salad yang mencampur berbagai jenis sayuran. Tentu saja banyak khasiat yang sekaligus kita dapatkan dari sayuran tersebut,
Kacang-kacang pada umumnya menyimpan nutrisi penting dan lengkap bagi tubuh. Kacang tanah merupakan salah satu yang memiliki gizi terbaik pada kelompok kacang-kacangan. Satu cangkir kacang mentah mengandung sekitar :
  • 828 kalori (8% dari kebutuhan harian)
  • 72 gram lemak (110% dari kebutuhan harian)
  • 37 gram protein (73% protein dari kebutuhan harian)
  • 24 gram karbohidrat (8% dari kebutuhan harian)
  • 12 gram serat (19% dari kebutuhan harian)
  • 10 gram lemak jenuh (50% dari kebutuhan harian)
Berikut manfaat kacang tanah untuk kesehatan tubuh :
1.    Baik bagi ibu hamil, Asam folat pada kacang-kacangan perlu dikonsumsi bagi wanita hamil, apalagi diawal-awal kehamilan. Kandungan tersebut, memberikan pencegahan terhadap bayi lahir dalam kondisi cacat. Bagi wanita hamil mengkonsumsi berbagai jenis kacang-kacangan, diperlukan juga untuk perkembangan bayi.
2.      Mengurangi rasa depresi, Pada manfaat kacang tanah juga terdapat kandungan asam amino esensial dengan kandungan tryptophan yang dapat merangsang sorotonin mengendalikan mood tetap baik
3.      Batu Empedu, Setiap satu ons kacang tanah atau dua sendok makan selai kacang setiap minggu dapat menurunkan resiko dari batu empedu atau penyakit kandung empedu hingga 25%.
4.      Kanker Usus Besar, Kacang bisa mengurangi resiko kanker usus terutama pada wanita. Makan setidaknya 2 sendok selai kacang dua kali seminggu dapat mengurangi risiko kanker usus besar pada wanita hingga 58% dan pada pria hingga 27%.
5.      Menjaga Berat Badan, Wanita yang makan kacang atau selai kacang setidaknya dua kali seminggu cenderung rentan terhadap obesitas daripada mereka yang tidak. Memakan selai kacang setiap pagi dengan irisan roti, akan memberikan kesempatan untuk lebih sedikit mengalami kenaikan berat badan.
6.      Mencegah Penyakit jantung, Konsumsi kacang tanah secara teratur dan dalam jumlah yang dianjurkan, sangat membantu menjaga kesehatan jantung. Pada kacang tanah terdapat asam oleat yang baik bagi jantung, yang menurunkan resiko kardiovaskuler yang menjadikan terjadinya penyakit jantung koroner. Optimalkan dengan tidak menggoreng kacangnya, sajikan dengan direbus atau dikukus.

Semoga berrmanfaat.
Waalaikumsalam Warahmatullahi Wabarakatuh


Previous
Next Post »
Thanks for your comment