Manfaat ikan asin bagi kesehatan tubuh

Assalamu’alaikum Warahmatullahi
Wabarakatuh


Salah satu hal yang membuat ikan asin populer, selain harganya yang relatif lebih murah dan terjangkau adalah rasa khasnya yang unik dan dapat dijadikan lauk ataupun campuran sayuran seperti pada sayur asem.




Berikut manfaat ikan asin bagi keseehatan tubuh :
1.      Baik untuk kesehatan tulang dan gigi, ikan asin memiliki kandungan kalsium dan fosfor yang tergolong tinggi. Beberapa fakta menyebutkan bahwa ikan asin kering yang berjumlah 100 gram memiliki kadungan fosfor sebanyak 300 mg dan kandungan kalsium sebanyak 200 mg. Fosfor dan kalsium ini sangat bermanfaat bagi kesehatan tulang dan gigi kita.

2.      Membantu mempercepat penyembuhan luka, manfaat ikan asin dapat membantu tubuh dalam mempercepat penyembuhan luka. Namun mungkin hal ini tidak berlaku apabila anda mengalami hemofilia. Kandungan yang berperan dalam penyembuhan luka pada ikan berasal dari zat besi yang cukup tinggi yaitu sekitar 3 mg per 100gram ikan asin.

3.      Mencegah terjadinya anemia, zat besi yang terkandung dalam ikan asin juga sangat bermanfaat bagi tubuh kita untuk mencegah terjadinya anemia. Anemia merupakan gejala kekurangan darah. Zat besi yang terkandung di dalam ikan asin membantu tubuh dalam memproduksi sel darah dan dapat mencegah dari anemia.

4.      Menjaga daya tahan tubuh, ikan asin juga ternyata mampu menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh. Hal ini dikarenakan oleh kandungan manfaat protein yang ada pada ikan asin. Apabila daya tahan anda bagus, maka anda tidak mudah merasa lelah dan tidak mudah terserang penyakit.

5.      Membantu pembentukan otot, manfaat ikan asin memiliki kandungan protein yang cukup tinggi  yaitu sekitar 42gram protein per 100gram nya. Protein ini akan sangat bermanfaat untuk membentuk otot dan menambah masa otot, terutama bagi mereka yang sedang menjalani program pembentukan otot. Namun demikian kandungan garam yang tinggi pada ikan asin membuat anda tidak boleh terlalu sering mengkonsumsinya.

6.      Sumber energi bagi tubuh, 100gram ikan asin dapat memberikan energi bagi tubuh sebanayak 193 kkal. Hal ini dapat membantu ,mencukupi energi tubuh dalam satu hari. Terutama bila dikombinasikan dengan bahan makanan lain yang memiliki nilai gizi tinggi.

7.      Menjaga kesehatan kulit, ikan asin memiliki banyak kandungan mineral yang sangat baik bagi kesehatan kulit. Berikut ini adalah beberapa jenis kandungan dari ikan asin yang baik bagi kesehatan kulit anda yaitu vitamin E, Selenium, Omega 3, dan asam lemak essensial.


semoga bermanfaat.
Waalaikumsalam Warahmatullahi Wabarakatuh.


Previous
Next Post »
Thanks for your comment