Manfaat Delima Bagi Kesehatan Tunbuh Anda



Assalamu’alaikum Warahmatullahi
Wabarakatuh

Delima yang memiliki nama binomial yaitu punica granatum merupakan tanaman buah yang diperkirakan berasal dari wilayah timur tengah tepatnya dari negara Iran dan sekarang banyak di tanam dan dikembangbiakkan di daerah Mediterania, Cina dan Asia tenggara. Tumbuhan ini dapat tumbuh hingga 5-8 meter dan idealnya di tanam di tanah yang gembur dan tidak terendam oleh air. Buah delima juga dikenal dengan 3 jenis dan ketiganya memiliki warna berbeda yaitu buah delima merah, buah delima ungu, dan buah delima putih.

Satu ½ cawan porsi butiran buah delima merah - mengandung 80 kalori, 18 g karbohidrat, 12 g gula dan 5 g serat makanan yang bermanfaat, atau 20 persen dari kebutuhan nilai harian yang direkomendasikan setiap hari.  Butiran atau biji buah delima juga bebas lemak, rendah garam dan bebas kolesterol, dengan mengandung 180 mg potasium ­yang penting untuk menjaga tekanan darah yang sehat - per 1/2 cangkir. Dengan sekitar 8 ons dalam cangkir jus buah delima mengandung 134 kalori, 32.69 g karbohidrat dan 31.50 g gula. Meski jus buah delima tidak memiliki serat yang menguntungkan dari biji, 1 cangkir jus delima kaya akan vitamin dan mineral, memberikan 533 mg kalium serta 60 mcg folat. Folat adalah vitamin B yang dapat membantu mencegah cacat tabung saraf pada bayi baru lahir. Zat Besi yang penting dalam perannya memproduksi sel darah merah juga terdapat dalam jumlah yang banyak pada jus buah delima, dengan sekitar 8 ons jus buah delima menyediakan 0,25 mg zat besi.

Berikut manfaat buah delima bagi kesehatan :
1.      Membantu Melawan Kanker. Penelitian pada buah delima telah dipusatkan pada kemampuan jus delima berkonsentrasi untuk menghambat perkembangan kanker prostat , payudara , usus besar dan juga kanker paru-paru. Zat ellagitannins dalam buah delima berhasil mencegah sel-sel kanker menjadi aktif dan berkembang. Penelitian tambahan menunjukkan penurunan aliran darah ke tumor yang membantu mencegah sel-sel kanker untuk memperoleh nutrisi . Hal ini terlihat dalam studi 2008 yang diterbitkan dalam International Journal of Oncology . Tikus yang telah diinokulasi bersama dengan sel-sel kanker prostat manusia memperoleh terapi empat minggu ekstrak jus delima. Hasil menunjukkan adanya penurunan substansial dalam ukuran tumor dan juga kepadatan tumor .

2.      Mencegah  Aterosklerosis. aterosklerosis merupakan sebuah gangguan pada pembuluh darah di mana arteri mengalami penyumbatan karena penumpukan kadar kolesterol, lemak bersama dengan bahan lainnya. Sifat antioksidan dari delima menghindari low-density lipoprotein atau kolesterol jahat dari oksidasi. Menunjukkan bahwa buah delima mampu mencegah pengerasan dinding arteri bersama dengan lemak atau bahan lainnya, sehingga menjadikan arteri Anda bebas dari lemak dan mengalir dalam darah bersama dengan zat anti - oksidan. 

3.      Meningkatkan Kesuburan dan Fungsi Seksual.  Jus buah delima dapat membantu meningkatkan kinerja seksual dan kesuburan. Penelitian yang dilakukan oleh C.P. Hutan, dan diterbitkan dalam "International Journal of Impotence Research" pada tahun 2007, mengungkapkan bahwa jus delima meningkatkan ereksi pada pria dengan disfungsi ereksi. Hal ini mungkin disebabkan dengan adanya efek jus delima pada oksida nitrat, yaitu zat yang memungkinkan otot-otot polos di dinding pembuluh darah - seperti di penis untuk dapat meningkatkan aliran darah.

4.      Membantu Menurunkan Tekanan Darah Tinggi. Sebuah penelitian juga menemukan bahwa buah delima membantu mengurangi tingkat tekanan darah individu dengan tekanan darah tinggi karena delima mengandung kalium , dan berdampak sangat baik untuk menurunkan tekanan darah bagi mereka yang memiliki hipertensi atau tekanan darah tinggi.

5.      Membantu Mencegah dan Mengobati Jerawat, Jerawat disebabkan terutama oleh ketidakseimbangan hormon atau masalah pencernaan. Mengkonsumsi buah delima secara teratur dapat membantu menghindari jerawat dan juga menghilangkan akar penyebabnya dengan memperbaiki masalah pencernaan serta meningkatkan sirkulasi darah yang sehat. Buah ini berlimpah dengan zat besi, bagian komponen dari hemoglobin yang dapat membantu menyerap oksigen. Oksigen diangkut menuju sel-sel kulit, membuat kulit tampak segar dan juga halus. Selain itu, delima juga mengandung  vitamin C, yaitu anti - oksidan yang efektif yang dikenal untuk melindungi kulit dari kerusakan radikal bebas. 

6.      Mencegah Penuaan Kulit, Mengkonsumsi jus delima adalah satu lagi pengobatan yang sangat baik untuk kulit yang rusak oleh paparan sinar matahari. Hal Ini akan membantu memperpanjang umur fibroblas yaitu sel-sel yang bertanggung jawab untuk menciptakan kolagen dan elastin. Elastin dan kolagen membantu menjaga warna kulit dan juga meningkatkan fleksibilitas kulit. Sebuah survei tambahan menunjukkan bahwa penggunaan minyak biji delima ke kulit meningkatkan produksi kolagen. memanfaatkan minyak biji delima efisien dapat mengurangi perkembangan keriput bersama dengan tanda lain yang terkait dengan penuaan.

7.      Membantu Perbaikan Kulit . Banyak penelitian menunjukkan bahwa penggunaan minyak biji delima dapat membantu mempercepat penyembuhan luka. Dengan kualitas yang efektif, minyak delima telah ditemukan dengan cepat dapat memperbaiki luka.

semoga bermanfaat.
Waalaikumsalam Warahmatullahi Wabarakatuh.


Previous
Next Post »
Thanks for your comment